BELAJAR DARI CCTV


Oleh : Mln. Hendra Muslich

Kemajuan teknologi tidak bisa dibendung oleh waktu. Manusia oleh Allah Taala dianugrahi kemampuan menemukan dan menciptakan alat-alat yang canggih. Salah satunya CCTV.

Dengan alat yang disebut CCTV kita dapat mengawasi, merekam dan menyimpan kejadian atau peristiwa yang telah terjadi. Sehingga kita dapat mengetahui tanggal berapa dan jam,menit dan detik kejadian itu berlangsung.

Bahkan dengan alat ini, kita sangat terbantu terutama pihak kepolisian yang sedang mengusut suatu perkara.

Nah bagi kita orang-orang yang beriman, pelajaran apa yang bisa kita ambil sebagai pelajaran dalam kehidupan ini?

Dalam Al-Quran Allah Taala menyampaikan “sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa-apa yang kamu kerjakan”.

Di surat lain dalam Al-Quran dinyatakan bahwa Allah Taala Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, bahwa Allah Taala tidak ngantuk dan tidak tidur, Maha mengetahui di depan dan di belakang kita. Rasanya cukup bagi kita untuk meyakininya akan hal ini.

Manusia yang diciptakan Allah Taala bisa merekam suatu kejadian, tentunya ini luar biasa. Pasti lebih luar biasa lagi Allah Taala yang serba Maha, tentunya Allah Taala mempunyai sistem yang sangat luar biasa dibandingkan dengan CCTV buatan manusia.

Hazrat Imam Mahdi as. Dalam buku Ajaranku beliau menyampaikan bahwa dengan keyakinan yang sempurna manusia akan terbebas dari dosa.

Sangat tepat apa yang disampaikan beliau. Kita tidak akan mungkin berani berbuat dosa bila kita yakin dengan sebenar benarnya keyakinan, bahwa Allah Taala melihat apa yang kita perbuat, ada rekam jejaknya, ada catatannya yang lengkap.
Maka itulah pelajaran yang bisa kita ambil dari CCTV, dengan alat seperti itu, kita diajak berfikir yang sangat baik untuk kebaikan akhlaq kita di dunia ini.

Takutlah kita kepada Allah Taala, hanya orang yang takut kepada Allah Taala dia akan mampu menjauhi dosa.

Hazrat Mirza Masroor Ahmad dalam satu khutbah beliau menjelaskan bahwa nanti kita akan diperlihatkan suatu catatan amal kita yang disana tertera hari, tanggal, jam, menit dan detiknya dari perbuatan kita. Itu selaras dengan yang kita dapati dari sebuah CCTV yang ada di dunia dan kita masih hidup.

Maka dari itu, ambillah pelajaran dari sebuah CCTV. Menutup rangkaian tulisan ini, ada firman Allah Taala “ Maka barangsiapa yang beramal baik walau sebesar zarrah, maka Allah Taala akan memperlihatkannya, demikian pula barangsiapa yang melakukan suatu keburukan sebesar zarrahpun maka Allah Taala akan memperlihatkannya”.

Mari, sekali lagi kita belajar dari sang CCTV.

Post a Comment

0 Comments