100 Tahun Ahmadiyah Kababir, Haifa dan Cara Menyambutnya

100 tahun Ahmadiyah, Kababir, Haifa



Dalam kesempatan Virtual Meeting Ahmadiyah Kababir, Haifa dengan Huzur pada 5 Juni 2021, seorang anggota yang bernama Tuan Falah Sahib bertanya kepada Huzur, tujuh tahun lagi Jamaah Kababir akan memperingati 100 tahun sejak berdirinya dan ingin mengetahui bagaimana nasihat Huzur terkait hal ini. 
Huzur menjawab: 

Kedatangan hari tertentu atau terpenuhinya suatu jangka waktu tertentu tidak memenuhi tujuan apapun. Hal yang harusnya ditanyakan adalah persiapan apa yang kalian semua lakukan untuk menyempurnakan 100 tahun tersebut. 

Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah (saw) tentang hari kiamat, dan sebagai jawabannya, Rasulullah saw bertanya kepadanya, persiapan apa yang telah ia lakukan untuk menghadapinya? Itulah mengapa nilai penting segala sesuatu itu bergantung pada persiapan apa yang dilakukan untuk meraih sesuatu. 

Kalian tahu bahwa 100 tahun [sejak berdirinya Jemaat Kababir] semakin dekat. Kalian telah menerima Almasih dan Mahdi di zaman ini, yang datang sesuai dengan nubuatan Rasulullah saw, sesuai dengan apa yang dikabarkan oleh Allah Ta'ala – yang juga terdapat dalam Al-Qur'an – dan telah datang di zaman ini, sehingga ajaran-ajaran Islam ditegakkan di dunia [...] Kita telah menerimanya dan sekarang tengah menyebarkan misi beliau lebih luas. 

Untuk itu, pertama-tama kalian harus menciptakan perubahan suci dalam diri kalian. Renungkanlah dalam diri masing-masing [...] dan perhatikanlah berapa banyak di antara kalian yang benar-benar menjalankan ajaran Islam yang sebenarnya. Berapa banyak di antara kalian yang benar-benar menjadi ibadur-Rahman? Berapa banyak di antara kalian yang memiliki standar tinggi dalam ibadahnya, yang melaksanakan shalat nawafil bersama shalat wajibnya? Berapa banyak di antara kalian yang tidak hanya memiliki keinginan untuk menyampaikan risalah Hazrat Masih Mau'ud as kepada keluarga, suku dan masyarakatnya, namun juga berupaya untuk mewujudkannya? Berapa banyak di antara kalian standar akhlaknya lebih baik dari sebelumnya? Berapa banyak dari kalian yang memiliki kedamaian, pemberian maaf dan penuh kasih sayang di rumah kalian? Berapa banyak dari kalian yang telah mengajari anak-anak mereka tentang ajaran Ahmadiyah, ajaran Islam yang hakiki? Berapa banyak yang sudah memberikan perhatian supaya anak-anaknya tumbuh sesuai ajaran Islam yang sebenarnya? [...] Berapa banyak di antara kalian yang telah memperlihatkan diri mereka dalam lingkungan masyarakat sekitar [sehingga orang-orang berkata], 'Merekalah umat Islam yang merupakan teladan Islam yang sejati'. 

Inilah aspek-aspek yang harus kita renungkan dan masih banyak lagi. Jika kalian memenuhi atau telah menjalankan hal-hal di atas, karena kalian memasuki usia 100 tahun, maka ketahuilah bahwa kalian sedang berusaha memperingati yubileum 100 tahun dengan cara yang luar biasa. Dan jika hal ini belum terwujud, maka dalam tujuh tahun ke depan, cobalah untuk mencapai hal-hal tersebut. 

Selain itu, kalian harus bertindak sesuai dengan ajaran Islam lainnya dan juga bertanya pada diri sendiri, berapa banyak di antara kalian yang menjaga hubungan sejati dengan Khilafat dan memenuhi janji mereka. 

Sumber: Alhakam.org

Post a Comment

1 Comments