Apakah Ahmadiyah Percaya Kepada Nabi Muhammad s.a.w.?

“Ahmadiyah adalah golongan sesat, menyesatkan, dan sudah keluar dari Islam.” Demikianlah Majlis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa sesat terhadap Ahmadiyah pada tahun 1980 yang kemudian diperkuat dengan fatwa lagi pada tahun 2005.

Pernyataan seperti ini sering dilontarkan oleh para ustad, habib, dan para penceramah pada berbagai kesempatan ceramah dan khutbah Jumat. Adapun di antara alasan kenapa dinyatakan sesat dan berbahaya oleh para Ustad dan penceramah adalah karena Ahmadiyah menghina Nabi Muhammad s.a.w. bahkan tidak mengakui beliau s.a.w. sebagai Khataman Nabiyyin.

Berikut ini kutipan-kutipan dari pernyataan Pendiri Ahmadiyah tentang Nabi Muhammad s.a.w. yang dapat menjadi dasar penilaian apakah Ahmadiyah menghina Nabi Muhammad s.a.w. atau tidak:

Derajat

“Aku selama ini selalu mengira-ngira sebenarnya berapa tingginya derajat Nabi dari bangsa Arab yang bernama Muhammad s.a.w. ini. Tidak akan ada yang bisa mencapai ketinggian derajat beliau dan tidak ada manusia yang akan mampu mengira secara tepat keluhuran keruhanian beliau. Sayang sekali belum semua manusia mengakui hal itu sebagaimana mestinya. Beliau itulah pahlawan ruhani yang telah mengembalikan kepada dunia Ketauhidan Ilahi yang telah hilang.

Beliau mencintai Tuhan-nya dengan sepenuh hati sedangkan hatinya luluh dalam kasih kepada umat manusia. Karena itulah maka Allah yang mengetahui isi hati beliau, telah mengangkatnya di atas semua Nabi-nabi dan umat manusia dari kelompok awal maupun kelompok akhir, serta menganugrahkan kepada beliau apa pun yang diinginkannya dalam masa hidupnya.”[1]

Khataman Nabiyyin

Di bawah langit ini hanya ada satu Rasul dan hanya ada satu Kitab. Rasul itu adalah Hadhrat Muhammad s.a.w. yang lebih luhur dan agung serta paling sempurna dibanding semua Rasul, beliau adalah Khataman Nabiyin, manusia yang terbaik di mana jika kita meneladaninya maka kita akan bertemu dengan Allah s.w.t. dan semua tabir kegelapan akan terangkat serta kita akan bisa menyaksikan keselamatan haqiqi bahkan ketika masih di dunia ini juga.[2]

Ada berjuta-juta manusia yang berfitrat bersih di dunia ini dan masih akan banyak pula ditemui di masa depan, akan tetapi manusia terbaik yang pernah ditemui serta hamba Allah yang paling mulia adalah Muhammad s.a.w. saja.[3]

Keteguhan Hati

Patut diperhatikan betapa teguhnya Hadhrat Rasulullah s.a.w. berpegang pada pengakuan Kenabian beliau sampai titik terakhir meskipun harus menghadapi ribuan bahaya serta ratusan ribu lawan, para penghadang dan pengancam.

Selama bertahun-tahun beliau menghadapi kesulitan dan kesusahan hidup yang meningkat dari hari ke hari, dan selama menanggung derita demikian tidak ada terlintas dalam pikiran beliau untuk mencari hal-hal yang bersifat duniawi. Bahkan, sebenarnya dengan bertahan pada pengakuan Kenabiannya, beliau telah kehilangan segala yang menjadi miliknya dan malah mengundang ratusan ribu pertentangan dan ribuan bencana ke atas dirinya.

Beliau terusir dari rumahnya sendiri, dikejar-kejar oleh para pembunuh, kehilangan rumah berikut isinya dan dicoba diracuni beberapa kali. Mereka yang semula membantunya malah kemudian mengharapkan kemudharatan atas diri beliau, sedangkan teman-teman beliau telah berubah menjadi musuh. Untuk jangka waktu lama beliau harus menanggung penderitaan ini, suatu hal yang tidak mungkin bisa dipikul oleh seorang nabi palsu.

Ketika kemudian Islam berjaya, Hadhrat Rasulullah s.a.w. tidak ada berusaha mengumpulkan kekayaan pribadi, tidak juga lalu mendirikan bangunan atau sarana kemewahan, bahkan tidak menarik keuntungan pribadi apa pun dari segala hal. Apapun yang singgah ke tangan beliau, habis lagi untuk mengkhidmati fakir miskin, yatim piatu, para janda dan mereka yang terhimpit hutang. Beliau tidak pernah makan sampai terasa kenyang.[4]

5 Kali Nyawa dalam Bahaya & Lindungan Ilahi

Dalam sejarah kehidupan beliau, ada sebanyak lima kali nyawa Hadhrat Rasulullah s.a.w. terancam secara serius di mana kalau beliau bukan seorang Nabi Allah yang benar, pasti beliau sudah binasa karenanya. Salah satunya adalah kejadian ketika kaum kafir Quraish mengepung rumah beliau dan bersumpah akan membunuh beliau malam itu juga.

Kejadian kedua adalah saat para pengejar dalam jumlah besar tiba di mulut sebuah gua di mana di dalamnya beliau berlindung bersama Hadhrat Abu Bakar r.a. Kejadian ketiga ialah ketika beliau tertinggal seorang diri dalam perang Uhud di mana kaum Quraish mengepung beliau dan mencoba menyerang secara bersama, akan tetapi mereka digagalkan dalam upayanya.

Kejadian keempat ialah saat seorang wanita Yahudi memberikan kepada beliau sepotong daging untuk dimakan yang sebelumnya telah dilumuri racun yang mematikan. Kejadian kelima adalah ketika Khusro Pervaiz, Kaisar Persia, bermaksud membinasakan beliau dan telah mengirimkan sejumlah utusan untuk menangkap beliau.

Keselamatan beliau dari semua keadaan musibah tersebut serta kemenangan akhir beliau atas semua musuh-musuh, merupakan bukti yang meyakinkan bahwa beliau memang seorang yang muttaqi dan Allah s.w.t. selalu beserta beliau.[5]

Pujian Pendiri Ahmadiyah pada Rasulullah

Tak diragukan, Muhammad adalah makhluk terbaik,

Ia adalah yang terbaik dan penghulu pilihan.

Semua kesempurnaan mewujud dalam dirinya,

Karunia tiap zaman memuncak dalam wujudnya.[6]

Aku siap menyerahkan nyawa dan kalbu,

Bagi keindahan sang Muhammad s.a.w..

Tubuhku hanyalah semata debu di jalan,

Yang dilintasi keturunan Muhammad s.a.w..

Aku telah melihat dengan mata kalbuku,

Dan mendengar dengan telinga yang tajam.

Lantunan keindahan Muhammad s.a.w.,

Yang melantun ke segenap arah.[7]

Demi ikal rambut Rasul Allah,

rela mati demi wujud Muhammad yang cemerlang.

Pancung aku berkeping atau bakar aku hingga mati,

Aku tak akan berpaling dari hadirat Muhammad.[8]

Setelah Allah, maka aku ini mabuk dengan kecintaan terhadap Muhammad.

Kalau ini disebut kekafiran, maka demi Allah aku adalah kafir yang akbar.[9] (LJP)



[1] Haqiqatul Wahi, Qadian, Magazine Press, 1907; sekarang dicetak dalam Ruhani Khazain, vol. 22, hal. 118-119, London, 1984.

[2] Brahini Ahmadiyah, sekarang dicetak dalam Ruhani Khazain, vol. 1, hal. 557-558, London, 1984.

[3] Chasma Marifat, Qadian, Anwar Ahmadiyyah Press, 1908; sekarang dicetak dalam Ruhani Khazain, vol. 23, hal. 301-303, London, 1984.

[4] Brahini Ahmadiyah, sekarang dicetak dalam Ruhani Khazain, vol. 1, hal. 108-109, London, 1984

[5] Chasma Marifat, Qadian, Anwar Ahmadiyyah Press, 1908; sekarang dicetak dalam Ruhani Khazain, vol. 23, hal. 263-264, London, 1984).

[6] Ayena Kamalati Islam, Qadian, Riyadh Hind Press, 1893; sekarang dicetak dalam Ruhani Khazain, vol. 5, hal. 590-594, London, 1984.

[7] Majmua Ishtiharat, vol. 1, hal. 97

[8] Maklumat 20 Februari 1893, Majmua Ishtiharat, vol. 1, hal. 371-372).

[9] Inti Ajaran Islam jld. I hlm. 173

Post a Comment

0 Comments