SERBA SERBI VIRUS CORONA, MULAI DARI BAHAYA, CIRI-CIRI HINGGA CARA MENCEGAHNYA

SERBA SERBI VIRUS CORONA, MULAI DARI BAHAYA, CIRI-CIRI HINGGA CARA MENCEGAHNYA

Oleh : Mln. Ahmad Jaelani

Sejak awal tahun 2020, dunia digemparkan oleh sebuah virus baru yang sangat berbahaya yang menyerang pernafasan manusia dan dapat mengakibatkan kematian, yang sekarang kita sebut virus corona/covid-19. Virus yang berasal dari kota Wuhan, China ini dapat menyebar begitu cepatnya sehingga dalam waktu beberapa bulan saja virus ini sudah menjangkiti berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, kasus pertama diumumkan pada awal Maret 2020, yang semula hanya puluhan atau ratusan kasus saja setiap harinya, saat ini tercatat sudah ada 197.000 kasus positif, di mana ada ribuan kasus setiap harinya.

Mengingat begitu cepat penyebaran dan berbahayanya virus ini, maka kita perlu mengenali lebih dalam tentang bahaya, ciri dan cara mencegahnya agar dapat meminimalisir penyebaran virus ini.

Apa Sebenarnya Virus Corona?

Kata corona sendiri berasal dari bahasa latin yang berarti mahkota, disebut demikian karena bentuk virus ini yang menyerupai mahkota. Virus corona merupakan keluarga virus yang menaungi SARS-CoV-2 yang terjadi saat ini, SARS-CoV pada 2002 dan MERS-CoV pada 2012.

Seberapa Bahayanya Virus Corona Ini?

Seperti penyakit pernafasan pada umumnya, corona dapat menyebabkan gejala ringan seperti pilek, sakit tenggorokan, batuk dan demam. Sekitar 80% kasus dapat pulih tanpa perlu perawatan khusus. Sekitar 1 dari 6 orang mungkin akan menderita sakit yang parah, seperti disertai pneumia atau kesulitan bernafas yang biasanya muncul secara bertahap. 

Walaupun angka kematian penyakit ini masih rendah (sekitar 3%), namun bagi orang yang berusia lanjut dan orang-orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya (seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung), mereka biasanya lebih rentan untuk menjadi sakit parah. Melihat perkembangan saat ini, lebih dari 50% kasus konfirmasi telah dinyatakan membaik, dan angka kesembuhan akan terus meningkat.

Bagaimana Ciri-ciri atau Gejala Virus Corona?

Ciri-ciri virus corona hampir mirip dengan gejala flu, di antaranya:
Demam tinggi lebih dari 38 derajat CelciusBatuk kering;Lemas;Sakit tenggorokan;Sesak atau kesulitan bernafas;Sakit kepala.

Namun, masa inkubasi virus ini sekitar 14 hari. Berarti, bisa jadi Anda memiliki virus tersebut hingga 14 hari sebelum Anda menyadari gejalanya. Jika memiliki gejala tersebut dalam fase 14 hari, segera periksakan diri Anda.

Bagaimana Cara Mencegah Terinfeksi Corona?

Untuk melindungi diri sekaligus menahan penyebaran virus corona, kita bisa melakukan hal-hal berikut :Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Jika tidak bisa mencuci tangan, bersihkan tangan menggunakan hand sanitizer.

Hindari menyentuh area wajah, seperti mata, hidung, dan mulut sebelum kita membersihkan tangan;

Jangan keluar rumah jika merasa kurang sehat atau memiliki gejala flu;Jika terpaksa harus keluar rumah, wajib memakai masker;

Hindari atau batasi kontak fisik dengan orang lain. Jika memungkinkan, usahakan berada pada jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain;

Bersihkan barang-barang yang sering kita gunakan dengan desikfektan, seperti handphone, laptop dan meja;Terapkan gaya hidup sehat, mulai dari pola makan, olahraga serta hindari begadang untuk menjaga kekebalan tubuh anda.

Dengan adanya virus corona ini, kita dilatih untuk menjadi pribadi yang lebih disiplin dalam menjaga kesehatan. Tidak perlu terlalu khawatir tetapi tetap waspada, semoga kita semua bisa terhidar dari paparan virus corona ini.

admin

Related Posts

Bahaya Stress dan Cara Mengatasinya

Bahaya Stress dan Cara Mengatasinya

Doing yoga at fresh environment is best for health

Doing yoga at fresh environment is best for health

Doing yoga at fresh environment is best for health

Doing yoga at fresh environment is best for health

Feet care for healthy feet are basic steps to follow

Feet care for healthy feet are basic steps to follow

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *