Al-Quran yang 'Malang'.


Oleh : Mln. Dian Kamiludin Achmad

Dan berkatalah Rasul itu: "Ya Tuhanku, Sesungguhnya kaumku menjadikan Al-Quran ini sesuatu yang ditinggalkan. (Q.S. Al-Furqan : 30)

Jika kita telaah isi dari ayat tersebut, maka kondisi ini hampir sama dengan masa sekarang ini. Kenapa? Karena kita menyaksikan bagaimana saat ini yang notabene Al-Quran adalah sebagai  Kitab Sucinya umat Muslim, namun hanya menjadi kebanggaan dan pengakuan saja tanpa ada pembelajaran, kecintaan bahkan pengamalan dari isinya.

Ayat ini dengan sangat tepat sekali dapat menembak mereka yang mengaku Muslim, tetapi telah melupakan dan mencampakkannya ke belakang.

Mungkin belum pernah terjadi semenjak Al-Quran iniditurunkan, yang mana kondisinya saat ini bahwa Al-Quran diabaikan dan dilupakan oleh umat Muslim dewasa ini. Sehingga tidak salah sabda Nabi Muhammad ﷺ bahwa nanti di akhir zaman kondisinya seperti ini
يُوْشِكُ اَنْ يَأْتِيَ عَلَى النَاسِ زَمَانٌ لاَ يَبْقَى مِنَ الْاِسْلَامِ اِلَّاسْمُهُ وَلَا يَبْقَى مِنَ الْقُرْاَنِ اِلَّا رَسْمُهُ...

Akan datang masanya tatkala Islam hanya tinggal namanya saja dan Al-Quran hanya tinggal tulisannya saja

Bagaimana tidak Al-Quran tinggal tulisannya saja, setiap perkara yang dijadikan referensi oleh kebanyakan umat Islam saat ini adalah informasi hoax atau perkataan seseorang yang dipercaya sebagai ustad tanpa merujuk atau mengembalikan suatu masalah pada Al-Quran. Sehingga kebanyakan umat Islam saat ini hanya bisa saling menyalahkan, menyinyir bahkan menjatuhkan satu dengan yang lainnya, hanya karena beda kelompok atau firqah tanpa mengecek kebenaran hukumnya pada Al-Quran.

Maka daripada itu, wahai umat Islam!!! Kembalikan setiap perkara ataupun informasi yang berkembang kepada Al-Quran tanpa membabi-buta mengambil suatu hokum dari referensi yang tidak jelas, hoax apalagi suatu fitnah belaka. Agar kita tidak menjadikan Al-Quran sebuah Kitab yang malang karena telah ditinggalkan oleh umatnya. NaudzubiLlaahi min dzalik.

Post a Comment

1 Comments