Hakikat Penciptaan Manusia Dalam Perspetif Al-Quran [Bagian Pertama]



Oleh : Mln. Buldan Burhanudin 

Sekapur Sirih tentang Judul
Makna hakikat seringkali diartikan sebagai  bagian terdalam dari sesuatu, Bahasa inggris menyebutnya  sebagai essence, intisari atau dasar, kenyataan yang sebenarnya, hakikat juga merupakan bagian tak terpisahkan dari sesuatu yang dapat dilihat secara dhohir contoh raga manusia yang merupakan syariat, sedangkan hakikatnya tersembunyi di bagian dalamnya, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk sampai pada taraf hakikat ini karena memerlukan kerja keras, hakikat juga bisa disejajarkan dengan kajian filosofis karena ada beberapa bagian yang sama dalam memahami sudut pandangnya.

Kalimat penciptaan, atau Kholaqo, biasanya digunakan oleh Allah dalam Al-Quran untuk sesuatu yang di buat pertama kali dan sama sekali belum ada sebelumnya, misalnya Allah telah menciptakan bumi, menciptakan langit, dan menciptakan manusia dan jin. semuanya menggunakan kalimat kholaqo ini. Sedangkan, untuk sarana pendukung biasanya Allah ta’ala memakai kalimat ja’ala artinya menjadikan contoh Allah menciptakan bumi disini digunakan kalimat kholaqo kemudian Allah menjadikan malam dan siang maka kalimat yang digunakan adalah ja’ala. 

Kata manusia secara fisik jasmaniyah disebut Annaas, sedangkan untuk wujud spiritualnya disebut  insaanun, kalimat insaanun  dalam Bahasa arab sebenarnya tidak menunjuk pada bagian biologis manusia tapi insan lebih terkait dengan kualitas luhur kemanusiaan” ali syariati mengatakan : tidak semua annaas  adalah  insan namun mereka mempunyai potensialitas untuk mencapai tingkatan kemanusiaan yang lebih tinggi. Didalam Alquran juga ada dua istilah yang berdampingan yaitu annas dan insan.

Selanjutnya makna Perspektif adalah kontek sistem dan persepsi visual adalah bagaimana objek terlihat pada mata manusia berdasarkan sifat spesial atau dimensinya dan posisi mata relative terhadap objek (mbah google), sedangkan Al-Quran adalah kalam illahi yang diturunkan kepada nabi agung Muhammad saw, sebagai wahyu syariat, petunjuk dan sebagai dalil yang mendukung pada risalah beliau yaitu islam yang terdiri dari 114 surah. 

Berdasarkan uraian diatas penulis ingin mengkaji masalah yang berkaitan dengan “ Hakikat diciptakannya manusia dalam perspektip al-Quran” penulis sadar bahwa banyak sekali versi yang mengkaji masalah ini tentunya dengan sudut pandang yang berbeda, ada yang berdasarkan pada penelitian ilmiah, sudut pandang berdasarkan kitab suci lain seperti taurat, dan lain sebaginya.

Dan, penulis ingin melihat tentang bagaimana manusia pertama kali diciptakan, siapakah manusia pertama, lalu  hakikat diciptakan manusia, proposal tujuan  diciptakannya. dan apakah  penciptaan- manusia sama dengan mahluk yang lain, dan terakhir apakah ada keberlangsungan setelah manusia mati di dunia ini. Semuanya akan  menggunakan pendekatan persepktif  objektif al-Quran kariim, dan. Dan yang terpenting bagaimana Alquran memaparkan semua pokok-pokok kajian diatas dengan argumentasi logis tidak bertentangan dengan sintis.

BAGIAN PERTAMA
Keberadaan manusia tidak terlepas dari proses panjang evolusi di bumi ini dari mulai manusia sederhana sampai pada tahap manusia pintar yang sempurna, tentunya ini bisa dilihat melalui tiga periode penciptaan

A. Proses pertama adalah alamiah terbentuknya unsur-unsur alam sebagai bahan material organik manusia hingga berubah menjadi sel sel sederhana sampai pada tahap menjadi manusia sederhana ini memerlukan waktu jutaan tahun hingga lahirlah manusia laki laki dan perempuan ke dunia ini, sebagai catatan manusia pertama ini tidak dilahirkan dari rahim seorang ibu melainkan lahir dari hasil proses kimiawi alam semesta berdasarkan tahapan yang dibimbing oleh Allah Taala sendiri.

B. Proses kedua setelah selesai terbentuknya manusia kemudian mereka berkembang biak melahirkan keturunan manusia baru yang dikandung dalam rahim manusia perempuan, seperti manusia sekarang semuanya adalah manusia keturunan karena dilahirkan melalui proses rahim ibunya, jadi perbedaan antara manusia pertama dengan manusia sekarang adalah dari sisi proses kelahirannya.

C. Sebagian besar penganut agama samawi termasuk sebagian umat islam mempunyai pandangan  teori sudden creation yaitu manusia diciptakan langsung oleh tuhan dan tidak melalui proses evolusi yaitu kun fayakun. Dalam memahami proses proses ini kita akan melihat beberapa hasil penelitian ilmiah yang telah dilakukan oleh  pakar terkemuka yang hasil temuannya sempat menggegerkan dunia dan menjadi rujukan ilmu pengetahuan di masanya.

TEORI KOSMOZOA
Teori kosmozoa atau teori keabadian menyatakan bahwa kehidupan yang ada di muka bumi ini dibawa dari tempat lain di alam semesta. Teori kosmozoa ini dapat dinyatakan sebagai teori yang berada di luar lingkup penelitian ilmiah di mana kehidupan awal di muka bumi semula diawali dari adanya meteorit yang jatuh menuju bumi, meteorit ini membawa molekul-molekul organik ini didasarkan pada kenyataan bahwa meteorit meteorit ini mengandung molekul organik.

TEORI ABIOGENESIS
Teori abiogenesis adalah teori yang menyatakan bahwa mahluk hidup berasal dari benda mati. selain itu mahluk hidup terjadi begitu saja atau spontan, sehingga teori abiogenesis ini disebut juga teori sebagai teori generation spontnea ,teori ini pertama kali ditemukan oleh Aristoteles tahun (384-322 SM ) penemuan teori ini didasarkan pada pengamatan sederhana terhadap hal hal yang ada di sekeliling Aristoteles tanpa menggunakan percobaan yang memadai.

Adapun salah satu contoh dari teori abiogenesisi yaitu pada saat melihat cacing keluar dari tanah kemudian menganggap bahwa cacing itu berasal dari tanah, teori ini mampu bertahan selama ratusan tahun, teori ini mulai goyah pada saat munculnya penemuan-penemuan baru dan ditemukannya mikroskop oleh leuwenhoek pada abad 17 kemudian selanjutnya teori ini terbantahkan dengan teori biogenesis.

TEORI BIOGENESIS
Teori biogenesis adalah teori asal usul kehidupan bahwa mahluk hidup itu berasal dari mahluk hidup lain. orang pertama yang yang melakukan ekperimen teori biogenesis ini yaitu fransesco redy, lazzaro spallanzani, dan louis paster. Redy dalam eksperimennya dia memasukan potongan daging kedalam empat buah toples tanpa penutup dan dua toples lainnya ditutup rapat, setelah beberapa hari diamati muncul larva di toples yang terbuka sementara daging di toples yang tertutup bersih tidak ada larvanya. Redy berkesimpulan bahwa belatung tersebut berasal dari lalat yang masuk ke dalam toples dan bertelur di sana.

Sedangkan lazzaro spallanzani melakukan eksperimen hampir mirip dengan redy, Dia berusaha membuktikan bahwa munculnya organisme berasal dari organisme lain yang hidup, dalam uji cobanya dia mencoba memanaskan air kaldu dari rebusan daging lalu disimpan di dua botol berbeda yang satu ditutup rapat dan satunya lagi dibiarkan terbuka, setelah didiamkan beberapa hari terlihat bahwa wadah kaldu yang terbuka airnya berubah menjadi keruh.

Louis Pasteur ahli biokimia berkebangsaan perancis berhasil  menyempurnakan percobaan spallanzani, sekaligus mematahkan teori abiogenesis. Pasteur memodifikasi salah satu wadah yang digunakan spalanzani dengan wadah labuh berleher panjang. Eksperimen ini mematahkan teori abiogenesis dan menghasilkan teori baru dengan tiga isi sebagai berikut:

1.     Omne vivum ex ovo : semua mahluk hidup berasal dari telur
2.     Omne ovum ex vivo : semua telur berasal dari mahluk hidup
3.     Omne vivum ex vivo : semua mahluk hidup berasal dari mahluk hidup

Kalau mahluk hidup itu berasal dari mahluk hidup lain, bagaimana caranya mahluk hidup pertama lahir?

TEORI DARWIN
Charles Robert Darwin lahir di shrewsbury shropshire,ingris 12 desember 1809 meninggal di downe 19 april 1882 berusia 72 tahun. Teori Darwin adalah teori yang terkenal dalam kehidupan manusia. Darwin berpendapat bahwa manusia berasal dari kera. nenek moyang manusia adalah kera yang berevolusi menjadi manusia modern. Namun teori Darwin masih ada missing link atau mata rantai yang hilang( the kompasiana .com ).

Gagasan yang diajukan Darwin mervolusi pemahaman kita tentang dunia bahwa mahluk hidup berubah dari waktu kewaktu dalam mekanisme yang disebut seleksi alam melalui bukunya yang terbit 1859 on the origin of species, Darwin mendefinisikan evolusi sebagai proses munculnya variasi keturunan.

Darwin menerbitkan teori evolusi dengan bukti kuat dalam buku tersebut, mengatasi penolakan penolakan ilmiah dari konsep awal dari transmutasi spesies pada tahun 1870, komunitas ilmiah dan banyak dari masyarakat umum menerima evolusi sebagai pakta sehingga evolusi bukan hanya merupakan sebuah fakta tapi juga merupakan sebuah teori sama halnya dengan gravitasi yang juga merupakan sebuah fakta dan teori.

Dan, Darwin juga menerbitkan buku lain the descent of man and slection in relation to sex adalah sebuah buku karya naturalis inggris yang pertama kali diterbitkan 1871 yang menjelaskan teori evolusi pada evolusi manusia dan menjelaskan mengenai teori seleksi seksual buatannya lanjut Darwin juga mengemukakan bahwa sifat baru dapat diperoleh dari perubahan gen akibat ataupun transfer gen antar populasi dan antar spesies. Evolusi terjadi ketika perbedaan perbedaan terwariskan ini menjadi lebih umum atau langka dalam suatu populasi, evolusi didorong oleh dua mekanisme yaitu oleh seleksi alam hanyutan genetika.

Evolusi dalam kajian ilmu biologi berarti perubahan pada sifat-sifat terwariskan satu populasi organisme dari satu generasi kegenerasi berikutnya, perubahan perubahan ini disebabkan oleh kombinasi tiga proses utama, variasi, reproduksi dan seleksi sedangkan hanyutan genetika, ingsut genetic penyimpangan genetika atau rembang genetika dikenal juga sebagai efek sewall wright , dalam genetika populasi merupakan akumulasi kejadian acak yang menggeser tampilan lungkang gen atau geen pool secara perlahan dari keadaan seimbang (https//id.m.wikipedia,org). 

Teori dari Darwin juga didukung oleh Alfred rusell Wallace (1823-1913). Beliau juga pemikir teori evolusi yang menyebutkan asal usul manusia lebih dekat pada siamang dan orang utan yang habitat alaminya berada di asia tenggara dan yang menyepati pernyataan Wallace adalah dubois.

Dialah pioneer penelitian asal usul manusia, utamanya karena dia adalah orang pertama yang melaksanakan riset sungguh sungguh untuk mencari fosil nenek moyang manusia “ tulis carl C swisher III, Garnis H.Curtis, dan roger lewin dalam van java Man: How two geologist changed our understanding of human evolution. Dalam risetnya dubois menemukan fosil pithecanthropus erectus (fosil manusia jawa yang usianya 700,000 sampai 1.000.000 tahun).

Setelah kita membaca teori Darwin yang hasil penelitiannya ternyata berkesimpulan bahwa manusia berasal dari kera bukan dari bahan manusia lagi yang walaupun Darwin tidak menjelaskan teori pembentukannya unsur unsur itu sampi jadi kera atau jadi manusia. kita akan tinggalkan teori darwin kita akan menuju ke teori urey .

TEORI EVOLUSI KIMIA MENURUT HAROLD UREY (1893) 
Harold uray adalah ahli kimia berkebangsaan Amerika serikat dia mengatakan bahwa pada suatu saat atmosfer bumi kaya akan molekul zat seperti metana ( CH4 ) uap air ( H2o ) ammonia ( NH2 ) dan karbon dioksida  ( Co2 ), teori Harold urey adalah sebuah teori mengenai evolusi kimia teori ini menyatakan bahwa kehidupan terbentuk dari reaksi kimia gas ( CH4, NH3, Ho2, dan H2 ) yang ada pada atmosfer pada masa purba kala.

TEORI INTELLIGENT DESIGN
Perancangan cerdas adalah suatu pernyataan yang menyatakan bahwa ciri-ciri tertentu pada alam semesta merupakan hasil dari suatu sebab yang intelijen bukan oleh proses tak terbimbing seperti seleksi alam perancangan cerdas merupakan bentuk modern dari argumen. Teleologis akan keberadaan Tuhan.
  
PENCIPTAAN MANUSIA BERDASARKAN KITAB SUCI SEBELUM ALQURAN
1. Menurut Agama Hindu
Penciptaan dalam agama hindu dijelaskan dalam prasna Upanishad sebagai berikut: pada awalnya Sang Pencipta Tuhan merindukan kegembiraan dari peroses penciptaan. Lalu Dia melakukan meditasi, lahirlah Rayi jat atau materi dan prana, roh kehidupan,lalu tuhan berkata kedua ini akan melahirkan kehidupan bagiku. Demikianlah, mahluk hidup diciptakan melalui satu perkembangan perlahan dari dua unsur yang mula-mula diciptakan Tuhan hingga mencapai bentuk bentuknya sekarang. (Pustaka Hindu Jumat 1 Maret 2014)

2. Menurut Budha Damma
Dalam kisah yang disampaikan oleh sang budha manusia pertama bukan hanya satu atau dua orang saja melainkan banyak mereka bukan hasil ciptaan melainkan hasil sebuah proses panjang bersamaan dengan proses terjadinya bumi beserta panet planetnya, seperti diketahui dalam pengertian damma tata surya seperti yang dihuni manusia saat ini bukan hanya satu melainkan lebih dari satu milyar jumlahnya .
  
3. Menurut Taurat
Allah befirman: Baiklah kita menjadikan menurut gambar dan rupa kita supaya mereka berkuasa atas ikan ikan dilaut dan burung burung diudara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas seluruh binatang yang merayap di bumi. Maka, Allah menciptakan manusia menurut gambarnya menurut Allah diciptakannya dia laki laki dan perempuan diciptakannya mereka Allah memberkati mereka lalu Allah berpirman kepada mereka beranak cuculah dan bertambah banyak dan penuhilah bumi dan taklukanlah itu berkuasalah akan ikan ikan dilaut dan burung burung diudara dan atas degala binatang yang merayap di bumi. 

Berfirmanlah Allah lihatlah aku memberikan kepadamu segala tumbuh tmbuhan yang berbiji diseluruh bumi dan an segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji itulah yang akan menjadi makananmu tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung diudara dan segala yang merayap dibumi yang bernyawa kuberikan segala tumbuh tumbuhan hijau menjadi makanannya dan jadilah demikian maka Allah melihat segala kejadiannya (Taurat Kejadian Pasal 1 ayat 26-29 ).

...Bersambung

Post a Comment

0 Comments