MUNCULNYA WABAH ANEH DI AKHIR ZAMAN




بسم الله الرحمن الرحيم 
نحمده و نصلى على رسوله الكريم و على عبده المسيح الموعود

Oleh: Mln. Dian Kamiludin Achmad
                 
Dan apabila terjadi nubuatan kehancuran  atas mereka, [2190] Kami akan mengeluarkan bagi mereka binatang [2191] dari bumi yang akan melukai mereka, sesungguhnya manusia atas Tanda-tanda Kami tidak yakin.

2190. Kata-kata, waqa’a al-qaulu ‘alaihim, berarti, kalimat atau keputusan itu jadi pantas terhadap mereka atau telah terjadi ; mereka membuat diri mereka layak menerima keputusan atau ketetapan Tuhan (Aqrab).

2191. Ini adalah nubuatan berkenaan dengan timbulnya wabah di akhir zaman. Ayat ini diterang-kan oleh RasuluLlaah sendiri, yang dimaksud dengan dabbah  ialah bakteri dari pest yang akan zahir pada akhir zaman. Bakteri itu akan menyerang badan dan orang itu akan meninggal. Berdasarkan hadits RasuluLlaah yang menerangkan mengenai akhir zaman, bahwa akan timbul dabbatul ardh, yakni binatang-binatang bumi, (Ibnu Katsir dan Fathul Bayan hal. 231, Surah An-Naml). Di dalam hadits Muslim ada dijelaskan bahwa akan timbul suatu penyakit naghaf  yakni penyakit yang ada di unta pada akhir zaman. 

Kalau kedua hadits – kita cocokkan maka kita akan mendapat suatu khabar ghaib bahwa di akhir zaman penyakit pest akan menyebar di seluruh dunia. Kita dapat mengerti penyebab penyakit pest – disebabkan oleh bakteri yang tersembunyi.

Saat ini dunia sedang diguncang dengan merebaknya wabah corona yang disinyalir berasal dari China, bahkan sudah banyak memakan korban jiwa sehingga setiap negara menjadikan wabah ini sebagai bahaya yang bisa mengancam kapan saja di negaranya. Lalu, mereka menganjurkan warga negaranya untuk mengantisipasi wabah ini, bahkan mereka melarang warga negara China yang akan masuk ke negaranya.

Namun, terlepas dari itu semua, jika kita kaji ayat di atas maka ini semua memang sudah dinubuatkan oleh Al-Qur’an dan oleh RasuluLlaah sebagai satu tanda mengenai akhir zaman. Yaitu merebaknya wabah aneh yang belum pernah terjadi sebelumnya, khususnya di masa RasuluLlaah .

Dalam hadits Muslim yang diriwayatkan oleh Hadhrat Hudzaifah ra bahwa ada 10 tanda akhir zaman atau 10 tanda sebelum terjadinya Kiamat, yang salah satunya adalah munculnya Ad-Daabbah yang diartikan sebagai bakteri atau virus penyebab munculnya wabah aneh yang mana wabah yang pernah terjadi beberapa waktu ini adalah virus pes, virus anthrax, virus ebola, HIV dan baru saja virus corona.

Artinya, bahwa kondisi ini sudah menjadi satu pertanda tentang akhir zaman atau mendekatnya waktu Kiamat, bukan sesuatu yang biasa atau hanya kejadian alam biasa. Sehingga persiapan atau pencegahnnya bukan hanya obat jasmani saja, tetapi perlu juga obat rohani.

Kejadian ini atau munculnya wabah aneh ini pun sebagai tanda turunnya Imam Mahdi dan Masih Mau’ud as, yang mana sebagai penerus perjuangan risalah Nabi Muhammad dan untuk menyelamatkan umat manusia dari penyakit jasmani dan penyakit rohani.

Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad as, Pendiri Jama’ah Muslim Ahmadiyah yang mengklaim sebagai Imam Mahdi dan Masih Mau’ud pun sudah memberikan nubuatan dan nasihat kepada pengikut beliau mengenai akan munculnya wabah di akhir zaman ini:

Prayer for Recovery

In an epidemic God revealed to the Promised Messiah that during that during such days, the three names of Allah the Almighty should be repeated again and again.

يَا حَفِيْظُ يَا عَزِيْزُ يَا رَفِيْقُ

O Guardian, O Honourable and Mighty, O Companion.

The Promised Messiah عليه السلام said that رفيق  ‘Rafiq’ is a new name of Allah which had not been mentioned before.

Artinya bahwa merebaknya wabah aneh di masa ini merupakan satu khabar ghaib dari Al-Qur’an, RasuluLlaah dan Hadhrat Masih Mau’ud as sebagai bukti bahwa masa ini adalah akhir zaman yang mana kita harus waspada dengan hadirnya 10 tanda akhir zaman yang salah satunya wabah aneh ini.

Semoga Allah Ta’ala memberikan perlindungan dan pertolongan kepada kita agar terhindar dan terselamatkan dari wabah jasmani dan wabah rohani ini. Aamiin.

islamdamai

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment