MERAYAKAN TAHUN BARU YANG ISLAMI





بسم الله الرحمن الرحيم
نحمده و نصلى على رسوله الكريم و على عبده المسيح الموعود

Oleh: Mln. Dian Kamiludin Achmad

وَجَعَلْنَا اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ آيَتَيْنِ فَمَحَوْنَا آيَةَ اللَّيْلِ وَجَعَلْنَا آيَةَ النَّهَارِ مُبْصِرَةً لِتَبْتَغُوا فَضْلًا مِنْ رَبِّكُمْ وَلِتَعْلَمُوا عَدَدَ السِّنِينَ وَالْحِسَابَ وَكُلَّ شَيْءٍ فَصَّلْنَاهُ تَفْصِيلًا 
Dan Kami menjadikan malam dan siang dua Tanda, lalu Kami hapuskan Tanda malam, dan Kami jadikan Tanda siang terang supaya kamu dapat mencari karunia dari Tuhan-mu, dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan ilmu  hisab. Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan keterangan yang rinci.[1]

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa pergantian tahun dari 2019 ke tahun 2020 tinggal beberapa hari lagi. Setiap orang pasti sudah mempunyai program dan rencana bersama saudara, kawan dan keluarga. 

Bahkan, setiap daerah dan kota sudah mempersiapkan perhelatan menyambut pergantian tahun yang biasanya diadakan perayaan malam tahun baru dengan pesta kembang api dan pentas musik di pusat keramaian kota dengan semarak dan meriah.

Namun, jika kita pelajari seperti apa tuntunan atau contoh yang diajarkan oleh Nabi Muhammad  dalam menyambut tahun baru, maka bisa menjadi pedoman kita semua dalam memperingati pergantian tahun baru tersebut.

Adapun amalan yang bisa kita lakukan sesuai ajaran dalam Islam adalah memperbanyak istighfar, doa, bertaubat dan amalan ibadah lainnya. Adapun ajaran doa yang diajarkan dalam menyambut dan memasuki tahun baru adalah:

اَللَّهُمَّ اَدْخِلْهُ عَلَيْنَا بِالْاَمَنِ وَ الْاِيْمَانِ وَ السَّلَامَةِ وَ الْاِسْلَامِ وَ جَوَارٍ مِّنَ الشَّيْطَانِ وَ رِضْوَانٍ مِّنَ الرَّحْمَانِ

“Ya Allah, masukkanlah kami pada tahun ini dengan aman, dengan iman, dengan keselamatan, dengan Islam, perlindungan dari syaitan dan keridhaan dari Yang Maha Pengasih.”[2]

Dalam menyambut dan memasuki tahun baru bukan dengan hura-hura melainkan dengan memperbanyak doa tersebut, begitu juga kita memperbanyak istighfar dan taubat agar Allah memaafkan dan mengampuni kesalahan serta dosa-dosa di tahun ini dan akan membersihkan kita dari keburukan di tahun depan.

Amalan lainnya adalah kita bisa melaksanakan malam refleksi atau malam renungan, sudah sejauh mana kita melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya di tahun ini maka di tahun depan kita bisa meningkatkan dan memperbaiki semuanya sehingga malam tahun baru dilaksanakan dengan khusyu tanpa petasan dan kembang api.

Selanjutnya, amalan lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan shalat tahajjud berjama’ah di pagi hari awal tahun, dengan berdoa agar di tahun depan Allah mengkaruniakan kekuatan kepada para pemimpin bangsa dan Negara ini dalam memimpin dan mengayomi kita semua. Serta memberikan keselamatan bangsa ini dari segala macam keburukan-keburukan yang mengintai.

Setelah itu semua, dalam meramaikan tahun baru kita bisa melaksanakan salah satu program yang direstui oleh Hadhrat Khalifah dari Muslim Ahmadiyah, yaitu Clean The City atau yang biasa disebut CTC yang mana kegiatan ini adalah membersihkan sampah di lokasi yang menjadi pusat keramaian di malam tahun baru, yang biasanya menyisakan sampah yang berserakan dan menumpuk. 

Inilah rangkaian kegiatan atau amalan yang biasa diadakan oleh seluruh anggota Muslim Ahmadiyah di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Karena dengan kegiatan seperti ini, lebih positif dan insyaa Allah bisa lebih menarik karunia dan keberkatan dari Allah SWT.

Semoga kita semua diberi taufik dan hidayah-Nya dalam memperingati pergantian tahun baru ini yang lebih positif dan bermanfaat untuk semuanya. Aamiin.





[1] Q.S Bani Israil ayat 12
[2] Mu’jamus Shahabah, h. 1539


islamdamai

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment