Siratun Nabi saw ; AKHLAK NABI MUHAMMAD SAW BUKTI MUKJIZAT TERBESAR DAN TERPUJI





بسم الله الر حمن الر حيم
نحمده و نصلى على رسوله الكريم   و على عبده المسيح الموعود


 Oleh => Mln. Mubarak Achmad

Nabi kita umat Islam adalah Nabi Muhammad saw, yang artinya YANG TERPUJI. Di bumi bersenandung puji-pujian terhadap Beliau saw, demikian pula di langit Beliau saw disanjung. Nama Beliau saw ini diberikan oleh Allah Ta’ala sebagai contoh bagi dunia. Kebanggaan serta karunia ini hanya diraih oleh Rasulullah saw semata. Rasulullah saw memperoleh golongan pengikut yang sedemikian rupa sucinya sehingga tidak pernah dimiliki oleh Nabi lainnya. 

Memang, Nabi Musa as dahulu memperoleh golongan pengikut sebanyak beberapa ratus ribu orang. Akan tetapi, mereka bukanlah suatu kaum yang berhati-teguh, suci dan memiliki asa yang tinggi. Tidak seperti para sahabah Rasulullah saw. di mana keadaan kaum Nabi Musa as adalah pada malam hari mereka beriman, maka siang harinya mereka murtad. Membandingkan Rasulullah saw dan para sahabat Beliau saw dengan Nabi Musa as serta kaumnya, bagaikan membandingkan seluruh dunia. 

Jamaah yang diperoleh Rasulullah saw begitu suci, penyembah Ilahi, begitu Mukhlis, sehingga tidak ditemukan tandingannya di kalangan kaum mana pun di dunia ini dan di antara Jamaat-jamaah nabi lainnya. Di dalam hadis-hadis banyak terdapat sanjungan bagi mereka, sampai-sampai dikatakan ; ‘Allahu, Allahu fii ashaabii’. Dan di dalam Al-Qur`an pun mereka dipuji ; وَالَّذِينَ يَبِيتُونَ لِرَبِّهِمْ سُجَّداً وَقِيَاماً  “Dan mereka yang mempergunakan malam untuk bersujud dan berdiri di hadapan Tuhan mereka” {Al-Furqan, 25 : 65}.

Jamaah yang dipersiapkan oleh Rasulullah saw unggul dan terpelihara dari sekian kesulitan dan musibah serta cobaan yang dahsyat. Dari situ diketahui daya Quwwat Qudsiyyah dan Anfaas Thayyibah serta Jazabilallah yang dimiliki oleh Rasulullah saw suatu keistimewaan yang lahir berkat Akhlak, AKHLAK NABI MUHAMMAD SAW BUKTI MUKJIZAT TERBESAR DAN TERPUJI. 

Selama belum ada suatu daya tarik dan magnetis, maka tidaklah mungkin orang-orang dapat menyatu. Namun berkat Quwwat Qudsiyyah yang dimiliki Rasulullah saw sedemikian rupa hebatnya, Dan hal itu tidak dimiliki oleh Nabi lainnya di dunia ini. Inilah rahasia kemajuan Islam, daya tarik Nabi Muhammad saw sangat hebatnya dan kemudian di dalam ucapan-ucapan Beliau saw terdapat pengaruh sedemikian rupa sehingga siapa saja yang mendengar akan langsung tertarik atau fana. 

Orang-orang yang Beliau saw tarik, langsung Beliau saw sucikan. Dan, bersamaan dengan itu ajaran Beliau saw sederhana dan jelas sehingga di dalamnya tidak ada keruwetan serta keraguan seperti halnya trinitas di dalam ajaran Kristen’. Oleh karena itu, manusia secara sempurna tidak akan dapat menciptakan kecintaan terhadap Allah Ta’ala di dalam dirinya selama ia tidak menjadikan akhlak serta suri tauladan Nabi Muhammad saw sebagai pembimbing dan penunjuk jalan bagi dirinya. 

Allah Ta’ala sendiri telah menjelaskan hal itu, ; قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ اللّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ  Katakanlah, ”Jika kamu mencintai Allah, maka ikutilah aku, kemudian Allah akan mencintai dan akan mengampuni dosa-dosamu. Dan, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang”{QS. Ali-Imran, 3 : 32}. Yakni, untuk menjadi MAHBUB ILAHI (orang yang mencintai Allah Ta’ala) adalah mutlak untuk mengikuti Rasulullah saw’. 

Melalui akhlah Rasulullah saw, dalam jangka waktu yang singkat saja Beliau saw telah berhasil memenuhi dunia ini dengan para penjunjung Tauhid serta mengisi kalbu mereka dengan gejolak semangat sejati kecintaan Ilahi.

Memang sebagai umat Muslim, kita ini beriman kepada semua nabi-nabi dari bangsa apa pun atau dari negeri mana pun. Namun, kecintaan dan rasa hormat kita kepada Rasulullah saw adalah yang paling tinggi karena Beliau saw telah mengurbankan segala kenyamanan hidup Beliau bagi kepentingan kita. Terancam nyawanya agar kita terpelihara dari kematian ruhani.

Berduka agar kita bahagia dan menderita agar kita mendapat Najat. Merendahkan diri sedemikian rupa agar kita bisa berdiri tegak dan menanamkan kebaikan yang bersifat kekal bagi kita serta berdoa bagi kesejahteraan abadi kita. 

Kaki Beliau saw sampai membengkak karena lama berdiri dalam do’a dan shalat. Nabi Muhammad saw sendiri kalis daripada dosa, namun senantiasa berdo’a mendoakan pengampunan bagi dosa-dosa kita. Guna memelihara kita dari api neraka, berdoa hingga sajadahnya menjadi basah karena air mata. Menangis hingga dadanya bergolak seperti panci air yang sedang menggelegak. 

Beliau menarik rahmat Ilahi ke atas diri kita, berjuang demi keridhoan-Nya, juga bagi kita. Beliau menyebabkan kita terselimuti jubah keberkatan dan kasih-Nya. Berjuang mencarikan jalan bagi kita dengan mana kita pun bisa menyenangkan Tuhan, sarana dan cara dengan apa kita bisa mencapai kesatuan dengan Dia. Apa yang telah dilakukan Rasulullah saw adalah meringankan jalan kita kepada Tuhan dan tidak ada nabi lain yang telah melakukan hal ini bagi umatnya.

Wahai Umat Islam, bertepatan dengan 12 Rabiul Awal 1441 H atau pada saat ini 09 Nopember 2019, adalah masa kelahiran Rasulullah saw. Pada waktu itu, 15 abad yang lampau, telah lahir seorang Insan Kamil yang Agung dan Mulia, yang mampu melahirkan berbagai karya besar dan bersifat sangat monumental [dapat menegakkan Akhlak] sepanjang sejarah peradapan manusia.

Sejarah telah mencatat dengan goresan tinta emas, betapa sepak terjang Beliau saw begitu sangat luar biasa sekali hebatnya. Dunia yang tadinya terkurung oleh kegelapan rohani yang teramat sangat, semua itu dapat tercerahkan oleh pancaran cahaya dan keagungan Nabi Muhammad Rasulullah saw.

Keluhuran akhlak dan moralitas Beliau saw telah menjadikannya sebagai figur tauladan yang paling sempurna dan harus kita suri tauladani. Allah Ta’ala menyampaikan kepada kita ; 

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيراً
 “Sesungguhnya kamu dapati dalam diri Rasulullah saw suri tauladan yang sebaik-baiknya, bagi orang-orang yang mengharapkan bertemu dengan Allah dan Hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah” {QS. Al-Ahdzab, 33 : 22}. 

Pertempuran Khandak mungkin merupakan percobaan paling pahit di dalam seluruh jenjang kehidupan Rasulullah saw, dan Beliau keluar dari ujian yang paling berat itu dengan keadaan akhlak dan wibawa yang lebih tinggi lagi. Sesungguhnyalah, pada saat yang sangat berbahayalah, yakni ; ketika musuh bertekuk lutut di hadapannya, watak dan perangi yang sesungguh nya seseorang diuji. 

Sejarah memberi kesaksian yang jelas kepada kenyataan bahwa Rasulullah saw baik dalam keadaan duka cita karena dirundung kesengsaraan dan pada saat suka cita karena meraih kemenangan – tetap menunjukkan kepribadian agung lagi mulia.

Pertempuran Khandak, Uhud, dan Hunain menjelaskan dengan serang-seterangnya satu watak Beliau saw yang indah dan Fatah Mekkah (Kemenangan atas Mekkah) memperihatkan watak Beliau saw lainnya. Maka, bahaya tidak mengurangi semangat Beliau saw atau mengecutkan hati beliau saw. 

Begitu pula kemenangan dan sukses tidak merusak watak Beliau saw. Ketika, Beliau saw ditinggalkan hampir seorang diri pada hari Pertempuran Hunai, sedang nasib Islam berada di antara hidup dan mati.

Beliau tanpa gentar sedikit pun dan seorang diri belaka maju ke tengah barisan musuh seraya berseru dengan kata-kata yang patut dikenang selama-lama-nya, “Aku nabi Allah dan aku tidak berkata dusta. Aku anak Abdul Muthalib “ Dan tatakala Mekkah jatuh dan seluruh tanah Arab bertekuk lutut maka kekuasaan yang mutlak dan tak tersaingi itu tidak kuasa merusak Beliau saw. 

Beliau saw menunjukkan keluhuran budi yang tiada taranya terhadap musuh-musuh Beliau saw. Kesaksian lebih besar mana lagi yang mungkin ada terhadap keagungan watak Rasulullah saw selain kenyataan bahwa pribadi-pribadi yang paling akrab dengan Beliau saw dan yang paling mengenal Beliau saw, mereka itulah yang paling mencintai Beliau saw dan merupakan yang pertama-tama percaya akan misi Beliau saw  yakni ; istri Beliau yang tercinta, Sitti Khadijah ra ; sahabat Beliau sepanjang hayat Abu Bakar ra ; saudara sepupu yang juga menantu Beliau, Ali ra. dan bekas budak Beliau yang telah dimerdekakan, Zaid ra. 

Rasulullah saw merupakan contoh kemanusiaan yang paling mulia dan model yang paling sempurna dalam keindahan dan kebajikan. Dalam segala segi kehidupan dan watak Beliau saw yang beraneka ragam, tidak ada duanya dan merupakan contoh yang tiada bandingannya bagi umat manusia untuk ditiru dan diikuti. Seluruh kehidupan Beliau saw nampak dengan jelas dan nyata dalam cahaya lampu-sorot sejarah. 

Beliau saw mengawali kehidupan Beliau saw sebagai anak yatim dan mengakhirinya dengan berperan sebagai wasit yang menentukan nasib seluruh umat. Sebagai kanak-kanak Beliau saw penyabar lagi gagah, dan di ambang pintu usia remaja, Beliau saw tetap merupakan contoh yang sempurna dalam akhlak, ketakwaan dan kesabaran. Pada usia setengah baya Beliau saw mendapat julukan Al-Amin  (si Jujur dan setia kepada amanat) dan selaku seorang niagawan Beliau saw terbukti paling jujur dan cermat. 

Beliau menikah dengan wanita-wanita, yang di antaranya ada yang jauh lebih tua dari pada Beliau sendiri dan ada juga yang jauh lebih muda, namun semua bersedia memberi kesaksian dengan mengangkat sumpah mengenai kesetiaan, kecintaan, dan kekudusan Beliau saw. Sebagai ayah Beliau penuh dengan kasih sayang, dan sebagai sahabat Beliau sangat setia dan murah hati. 

Ketika, Beliau saw diamanati tugas yang amat besar dan berat dalam usaha memperbaiki suatu masyarakat yang sudah rusak, Beliau menjadi sasaran derita cacimaki dan aniaya, namun Beliau memikul semua penderitaan itu dengan sikap agung dan budi luhur. Beliau saw bertempur sebagai prajurit gagah berani dan memimpin peperangan dari serangan pasukan anti Islam. 

Kekalahan dan kemenangan pernah dialami. Beliau saw menghakimi dan mengambil serta menjatuhkan keputusan dalam berbagai perkara. Beliau saw adalah seorang negarawan, seorang pendidik, dan seorang pemimpin.

“Kepala negara merangkap Penghulu Agama, Beliau saw adalah Kaisar dan Paus sekaligus. Tetapi beliau adalah Paus dan tidak berlagi Paus, dan Kaisar tanpa pasukan-pasukan yang megah.

Tanpa balatentara tetap, tanpa pengawal, tanpa istana yang megah, tanpa pungutan pajak tetap dan tertentu, sehingga jika ada orang berhak mengatakan bahwa ia memerintah dengan hak ketuhanan, maka orang itu hanya Muhammad saw, sebab Beliau saw mempunyai kekuasaan tanpa alat-alat kekuasaan dan tanpa bantuan kekuasaan. 

Beliau saw biasa melakukan pekerjaan rumah tangga dengan tangan Beliau saw sendiri, biasa tidur di atas sehelai tikar kulit, dan makanan Beliau saw terdiri dari kurma dan air putih atau roti jawawut, dan setelah melakukan bermacam-macam tugas sehari penuh, Beliau saw biasa melewatkan malam hari dengan mendirikan shalat dan doa-doa hingga kedua kaki Beliau saw bengkak-bengkak. 

Tiada orang yang dalam keadaan dan suasana yang begitu banyak berubah, telah berubah begitu sedikitnya” (Muhammad dan Muhammadanism” jarya Bosworth Smith). Bahkan, Allah Ta`ala pun mengabadikan keagungan akhlak - budi pekerti Beliau saw di dalam Al-Qur`an Karim.

 وَإِنَّكَ لَعَلى خُلُقٍ عَظِيمٍ
“Dan, sesungguhnya, engkau benar-benar memiliki akhlak yang agung” {QS. Al-Qalam, 68 : 5}. 

Ayat ini merupakan ulasan lebih lanjut mengenai kejanggalan tuduhan yang dilemparkan kepada Rasulullah saw seakan-akan Beliau gila. Menurut ayat ini Rasulullah saw bukanlah sakit jiwa melainkan adalah yang paling mulia dan paling sempurna di antara umat manusia dan yang memiliki segala kesempurnaan akhlak dalam ukuran sepenuhnya, kesemua sifat itu bersama-sama membuat sang pemiliknya itu jadi gambaran sempurna Khaliknya. 

Beliau saw adalah perwujudan segala nilai akhlak baik yang bisa dimiliki manusia. Segala nilai akhlak tinggi berpadu pada pribadi Beliau saw dalam suatu keseluruhan yang sempurna lagi serasi. Siti ‘Aisyah ra, istri Rasulullah saw. yang sangat berbakat, ketika pada sekali peristiwa diminta menerangkan peri keadaan Rasulullah saw, Mengatakan, : “Beliau saw memiliki segala keagungan akhlak yang disebut dalam Al-Qur’an sebagai ciri-ciri istimewa seorang abdi Allah yang sejati” (Bukhari).

Dalam segi kekuatan serta bukti, segala mukjizat Rasulullah saw melampaui seluruh mukjizat para Nabi lainnya. Akan tetapi mukjizat akhlaki Beliau saw adalah yang paling unggul dan sejarah dunia tidak dapat mengungkapkan serta memaparkan tandingannya. 
Nabi Muhammad Rasulullah saw adalah seorang sosok yang agung yang mampu membawa perubahan yang sangat fundamental sepanjang sejarah. 

Beliau saw bersama para sahabat telah mampu melakukan ishlah secara total dan menyeluruh meliputi seluruh aspek kehidupan manusia. Kehidupan manusia yang tadinya sarat dengan nilai-nilai kebatilan dan kejahatan, dapat diubah menuju nilai-nilai kebaikkan dan kebenaran. 

Ketidak adilan yang telah mendarah daging dalam kehidupan kaum Quraisy diubah menjadi kaum yang menegakkan keadilan yang benar-benar tegak tanpa pandang bulu, tanpa memandang keturunan, kekuasaan, kehormatan, maupun atribut-atribut kebesaran dunia lainnya. Artinya kondisi kesemerawutan atau kekacau-balauan dalam pengelolaan masyarakat digantikannya menjadi kondisi yang penuh ketentraman dan ketertiban. 

Kedermawanan Beliau saw luar biasa. Pada suatu ketika Beliau saw memiliki banyak sekali domba. Seorang kafir mengatakan, ; Anda memiliki sedemikian banyak domba yang Kaisar Roma serta Qisran Iran pun tidak punya sebanyak itu’. Rasulullah saw ketika itu juga menyerahkan seluruh domba tersebut kepada orang itu. Saat itu pula orang tersebut langsung beriman, sebab selain Nabi tidak ada orang yang memiliki kedermawanan agung demikian.

Di Mekkah banyak orang yang menyakiti Beliau saw. Ketika Beliau saw menaklukkan Mekkah, jika Beliau saw mau, dapat saja Beliau saw sembelih mereka semua. Akan tetapi Rasulullah saw berlaku kasih-sayang dan mengatakan ‘Wa laa tatsriiba `alaikumul yaum’. Adalah sifat kepemaafan Beliau saw yang membuat mereka semua masuk Islam. Nah, Apakah akhlak fadhilah yang luar biasa itu ada didapati pada diri Nabi lainnya. Sama sekali tidak. 

Mereka adalah orang-orang yang telah memberikan penderitaan yang berat pada diri Beliau saw secara khusus dan pada sanak saudara serta para sahabah Beliau saw. Dan mereka memberikan penderitaan-penderitaan yang tak termaafkan. 

Justru, setelah Rasulullah saw memperoleh kekuatan dan kekuasaan atau wewenang langsung saat itu juga Beliau saw memaafkan mereka. Padahal, jika mereka itu dihukum, benar-benar merupakan keputusan yang adil dan setimpal. Akan tetapi, saat itu Beliau saw memperlihatkan tauladan kepemaafan dan kasih sayang Beliau saw. Inilah AKHLAK NABI MUHAMMAD SAW BUKTI MUKJIZAT TERBESAR DAN TERPUJI. 

Nilai-nilai kemanusian begitu kuat tertanam dalam masyarakat yang telah Beliau saw bangun. Prinsip toleransi  dan penghargaan terhadap hak asasi manusia senantiasa menghiasi perjalanan dan aktivitas kehidupan Beliau saw. Tidak pernah muncul dari dalam diri Beliau saw, suatu sikap yang penuh dengan kesombongan dan ketakaburan. 

Justru, Beliau saw adalah orang yang sangat rendah hati dan sangat terbuka akan kritik dan saran. Beliau saw juga menanamkan kepada sahabat dan umatnya sifat yang tidak boleh merasa tinggi dengan sesama, karena yang membedakan derajat antara manusia adalah ketakwaan kepada Allah Ta’ala.

اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللهِ أَلتْقكُمْ
“Sesungguhnya yang paling Mulia diantara kamu disisi Allah adalah yang paling bertakwa diantara kamu”

Sebagaimana Rasulullah saw juga telah bersabda, ; “Wahai sekalian manusia, kalian semua berasal dari Adam dan Adam berasal dari tanah. Tidaklah juga orang Arab lebih mulia daripada orang Ajam (Non Arab), dan tidak pula orang kulit putih lebih mulia daripada orang kulit hitam, kecuali ketakwaannya kepada Allah Ta’ala”.

Oleh karenanya, Junjungan kita selagi bisa mengerjakan sesuatu dengan kedua tangan Beliau saw, maka Beliau saw kerjakan sendiri. Hal ini dapat kita saksikan ketika pembangunan Masjid Kuba, yaitu Masjid yang pertama kali dibangun oleh Rasulullah saw, yakni ; ‘Pada suatu saat semua orang tanpa kecuali termasuk Rasulullah saw  bahu-membahu membangun Masjid. Pada waktu itu semua orang tiada yang bermalas-malasan. 

Suatu saat, Rasulullah saw terlihat membawa batu yang begitu besar dan berat, sehingga Beliau saw terhuyung-huyung. Melihat hal tersebut para sahabat menyatakan pekerjaan ini biarlah kami yang mengerjakannya.

Mendengar hal ini, Rasulullah saw malah mengatakan ; tidak mungkin aku membiarkan sesuatu yang dapat aku lakukan sendiri dengan mengandalkan sahabatku semata. Sahabat menjawab ; tidak mungkin kami membiarkan orang yang sangat mulia bekerja, sementara kami hanya berdiam diri. 

Ketinggian Solidaritas Rasulullah saw sangat menakjubkan menarik hati. Tanda pengaruh pada ruh adalah tatkala seorang rabbani waa`idz (pemberi ingat dari Allah Ta’ala) Dan haqqani reformer (pembaharu sejati) berbicara, maka dalam memberikan nasihat dia menganggap para pendengar itu seperti tidak ada. 

Dia terus saja menyampaikan pesan-pesan atau nasihatnya. Pada kondisi demikian di kalbu timbul suatu kelembutan. Sampai-sampai seperti suatu curahan air yang jatuh dari tebing tinggi menuju ke lubuk yang dalam. Ia mengucur tanpa kendali. Air itu mengalir dari Allah Ta’ala. Dalam aliran Sang pemberi ingat tersebut merasakan suatu kelezatan dan kenikmatan sedemikian rupa yang tidak dapat saya gambarkan dalam kata-kata.

 Jadi di dalam penjelasan-penjelasan serta ucapan-ucapannya dia menyaksikan wajhullah (wajah Allah Ta’ala). Dia sedikit pun tidak perduli akan halnya para pendengar yakni apa yang akan mereka katakan setelah mendengar nasihat tersebut.

Dia mendapatkan kelezatan dari satu arah lain dan dari dalam sendiri dia merasakan kegembiraan bahwa ‘Aku tengah menyampaikan perintah dan pesan majikan dan penguasa-Ku’. Kesulitan-kesulitan dan penderitaan yang dialaminya dalam menyampaikan pesan-pesan tersebut pun menimbulkan kelezatan serta kenikmatan bagi dirinya.

Orang-orang yang seperti itu tenggelam dalam solidaritas terhadap umat manusia. Oleh karena itu mereka siang malam senantiasa memikirkan bagaimana supaya orang-orang memasuki jalan ini dan satu kali meneguk minuman dari mata air ini. Solidaritas dan gejolak semangat inilah yang terdapat di dalam diri junjungan kita yang mulia Nabi saw dalam kadar yang sangat tinggi. Tidak ada yang dapat memiliki lebih dari itu.

Demikian kondisi solidaritas dan rasa sependeritaan Rasulullah saw sehingga Allah Ta’ala sendiri yang telah memaparkan, ; لَعَلَّكَ بَاخِعٌ نَّفْسَكَ أَلَّا يَكُونُوا مُؤْمِنِينَ  Boleh jadi engkau akan membinasakan dirimu, karena mereka tidak mau beriman” {Asy-Syu`ara, 26 : 4}. 
Jika anda tidak dapat memahami sepenuhnya hakikat ayat ini, itu perkara lain. Tetapi dalam hati saya hakikat hal itu tak lain seperti darah di dalam tubuh’. 

Dalam ayat itu Menggambarkan sebuah pertanyaan, Apakah engkau (Muhammad) akan membinasakan dirimu, sedih karena mereka tak mau beriman ?. Dimana melukiskan betapa besarnya perhatian dan kekhawatiran serta kecemasan Rasulullah saw mengenai kesejahteraan ruhani kaum Beliau. Kesedihan Beliau saw atas penolakan dan perlawanan mereka terhadap amanat Ilahi hampir membuat beliau wafat. 

Memang, begitulah keadaan para utusan dan nabi Allah Ta’ala. Hatinya senantiasa penuh dengan kasih-sayang terhadap sesama manusia. Mereka berseru (kepada Tuhan), menangis, dan berdukacita demi kepentingan umat manusia. Tetapi manusia tidak tahu rasa berterimakasih, sehingga perasaan yang begitu mendalam, justru merekalah yang menindas pada nabi dan berusaha untuk membunuh mereka.

Nabi Muhammad, Rasulullah saw telah Menciptakan Revolusi, Suatu gejala yang menakjubkan terjadi di belantara gurun pasir Arabia, tatkala ratusan ribu orang mati telah hidup kembali dan ketika orang-orang yang dari generasi ke generasi sudah bejat akhlaknya tiba-tiba berganti rupa dan mengambil warna Ilahi.

Suatu revolusi meledak dengan serta merta di dunia yang sebelum itu tiada mata pernah mendengar peristiwa semacam itu. Inilah AKHLAK NABI MUHAMMAD SAW BUKTI MUKJIZAT TERBESAR DAN TERKUAT

صَلِّ عَلى نَبِيِّنَا        ---     صَلِّ عَلى مُحَمَّدٍ
صَلِّ عَلى شَفِيْعِنَا     ---      صَلِّ عَلى مُحَمَّدٍ
صَلِّ عَلى رَئُوْفِنَا     ---     صَلِّ عَلى مُحَمَّدٍ
صَلِّ عَلى رَحِيْمِنَا    ---     صَلِّ عَلى مُحَمَّدٍ
صَلِّ عَلى رَفِيْقِنَا     ---     صَلِّ عَلى مُحَمَّدٍ
صَلِّ عَلى حَبِيْبِنَا     ---     صَلِّ عَلى مُحَمَّدٍ
صَلِّ عَلى رَسُوْلِنَا   ---    صَلِّ عَلى مُحَمَّدٍ
صَلِّ عَلى نَبِيِّنَاصَلِّ عَلى مُحَمَّدٍصَلِّ عَلى مُحَمَّدٍصَلِّ عَلى مُحَمَّدٍ

 Ya Allah, Limpahkanlah berkat dan rahmat atas Nabi kami,

Pemberi Syafaat (penolong) kami,  Penyantun kami,  Pengasih kami,  Sahabat kami, Kekasih kami, Rasul kami, Ya  Allah,   Limpahkanlah   berkat  dan  rahmat  atas   Nabi kami, Muhammad saw

Post a Comment

0 Comments