Geert Wilders Didakwa Menciptakan Kebencian Atas Islam

Selain didakwa atas menyebarkan kebencian atas Islam, Wilders juga didakwa atas penghinaan atas satu kelompok masyarakat.

AMSTERDAM - Geert Wilders, anggota Parlemen Belanda yang memicu kontroversi atas filmnya pada 2008 lalu, didakwa atas tindakan menciptakan kebencian serta diskriminasi atas Islam. Dakwaan ini dikeluarkan oleh Pengadilan Amsterdam hari ini.

Wilders yang juga pemimpin Partai untuk Kebebasan (Partij voor de Vrijheid atau PVV), dibawa ke pengadilan, setelah keluarnya perintah pada Januari ini. Sebelumnya perintah tersebut ditolak oleh pihak pengacara Wilders yang bersikukuh kliennya dilindungi atas hak untuk kebebasan berpendapat. Demikian diberitakan AFP, seperti dikutip, Rabu (20/1/2010).

"Saya akan tetap melawan keputusan pengadilan dan yakin jika proses yang berbau politis ini akan berakhir pada pembebasan," ujar Wilders dalam keterangan di website pribadi miliknya.

Tokoh yang dikenal penentang masuknya Islam di Eropa ini, memang tengah naik daun sejak film 'Fitna' dirilis pada 2008 lalu. Popularitas Wilders makin bertambah bersamaan dengan bertambahnya kekhawatiran masyarakat Belanda atas imigrasi dari warga Muslim yang masuk ke Belanda. Mereka takut masuknya warga imigran Islam dapat mempengaruhi kebudayaan Belanda.

Film Wilder yang berjudul 'Fitna' pada 2008 lalu memicu amarah warga Islam seluruh dunia. Film tersebut memamparkan persamaan Islam dengan fasisme serta Alquran dengan buku tulisan Adolf Hitler, Mein Kampf.

Namun banyak dari warga Belanda sendiri tidak mau ambil pusing atas perilaku pria berusia 44 tahun tersebut. Mereka justru menilai jika Wilders hanya mencari sensasi untuk mengeruk dukungan atas partai yang ia pimpin.

Partai PVV yang dipimpin Wilders memang muncul sebagai partai kedua terbesar di Parlemen Belanda. Sementara dalam sebuah poling lokal menunjukkan, partai pimpinan pria yang menikahi wanita Hongaria tersebut, bisa meraih suara terbesar di parlemen pada pemilu nasional yang akan berlangsung pada Mei 2011 mendatang.

Sementara mengenai proses pengadilan Wilders sendiri masih akan membahas isu prosedural, sebelum melangkah pada proses pengadilan atas dakwaan pengadilan. Selain didakwa atas menyebarkan kebencian atas Islam, Wilders juga didakwa atas penghinaan atas satu kelompok masyarakat. (faj)(rhs)

Sumber: http://international.okezone.com/read/2010/01/20/18/296084/pembuat-film-fitna-didakwa-menciptakan-kebencian-atas-islam


Post a Comment

0 Comments